Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Agustus 3rd, 2009

Siapa saja dapat dengan mudah mengalami ini, penyakit yang umum dialami pada seseorang yang berdaya tahan terhadap penyakitnya lemah. Ketika seseorang akan terkena flu, sakit tenggorokan merupakan gejala yang umum. Bisa jadi rasa sakit ini sangat menyiksa, lalu bagaimana cara mengatasinya?
Segala macam penyakit ada obatnya. Allah gak mungkin memberi penyakit tanpa obat, tinggal manusia yang harus berusaha mencari. Begitu pula dengan sakit tenggorokan ini, ada berbagai macam obat. Menurut pengalaman saya, beberapa hari yang lalu saya mengalami flu dan selama itu pula tenggorokan rasanya sakit sekali. Setiap bangun tidur seperti disiksa. Gara-gara ini pula nafsu makan jadi berkurang, mau makan jadi males banget. Hanya minum doank yang terasa agak lumayan gak sakit(sakit juga sih).
Lalu saya berpikir dan melihat ke dalam tenggorokan melalui cermin kecil, ternyata eh ternyata ada yang aneh di tenggorokan saya. Ada daerah yang berwarna merah dan dibagian tengahnya agak keputihan, kalau yang normal sih pink dan mulus. Setelah saya lihat itu, saya yakin bahwa daerah yang berwahna merah itu adalah daerah yang sakit dan ternyata benar dugaan saya setelah saya rasakan dengan seksama.
sirihKemudian saya pergi kedepan rumah mengambil 4 lembar dauh sirih hijau. Trus dicuci, bersih dan direbus menggunakan air bersih sebanyak 3 gelas. Sebelum direbus daun diremas-remas dahulu. Terus direbus kira-kira 15 menit menggunakan api kecil. Setelah itu dinginkan. Lalu minum airnya setelah makan atau sebelum tidur atau ketika tenggorokan terasa sakit. Dijamin tenggorokan akan terasa lebih nyaman dalam beberapa menit setelah meminum air rebusan. Penulis yang membuktikan sendiri lho.
Kenapa bisa begitu? Daun sirih atau nama latinnya Piper betle mengandung minyak atsiri. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan chavicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.
Nah karena khasiat tersebut, akhirnya obat alami, aman, murah meriah dapat saya buat sendiri. Xixixi asiknya,…

Read Full Post »