Feeds:
Pos
Komentar

image

Well, secara standar pengapian Suzuki Shogun SP sudah cukup besar untuk ukuran bebek. Akan tetapi seiring bertambahnya usia pakai dari motor, berkuranglah performa pengapian. Berkurangnya pun bahkan jauh dibawah standar. Efeknya, selain tenaga berkurang, bahan bakar pun dirasa semakin boros.
Ciri yang paling nampak adalah berkurangnya tenaga, karena pembakaran menjadi tidak sempurna karena api busi mengecil. Ciri yang lain salah satunya adalah timbulnya kerak atau jelaga yang berlebihan pada piston dan ruang bakar sehingga mempengaruhi keseluruhan proses pembakaran.
Berbagai cara pun dapat ditempuh demi mengembalikan performa mesin di sektor pengapian. Beberapa contohnya adalah mengganti CDI standart dengan CDI racing, mengganti koil standar dengan yang merk Aftermarket berlabel Racing. Akan tetapi, komponen yang racing-racing tersebut tidaklah bersahabat pada kantong sebagian dari kita, termasuk saya, hehehe
Namun telah ada solusi jitu bagi yang mengalami masalah pengapian dan masalah kantong sekaligus. Yaitu memperbesar pengapian menggunakan kapasitor yang berharga murah meriah, harga satuan hanya 500 perak(harga di toko Tawangmangu). Bahkan ada yang gratis lho, loh kok bisa? Yha bisa dengan cara minta ama temen yang beli kebanyakan, hehehe
image Ukuran kecil mungil.

Yap, sekarang kita bahas cara pembuatannya. Pertama-tama bongkar dulu body motor yang menutupi sektor mesin dan koil. Kalau di Shogun SP sih cukup body tebeng samping saja. Nah setelah semua yang perlu dicopot terlepas, bersihkan dulu koil dari debu yang menempel biar enak maeninnya. Langsung saja tanpa basa basi potong kabel dari CDI ke koil, trus pasang kapasitor yang kita persiapkan tadi. Oiyha kapasitornya yang ukuran 4,7µf soal ukuran volt, yang aman pakai saja yang 50volt. Jika ingin memakai tegangan yang lebih tinggi silahkan tapi resiko gak ditanggung oleh Anytopic, hehe. Sementara kutub positif ditunjukkan dengan kaki kapasitor yang panjang dan negatif oleh kaki yang pendek.
Cara pemasangannya juga cukup mudah, hanya cukup menyambungkan kaki positif kapasitor ke koil dan negatif ke CDI. Mudah bukan? Hanya perlu penyambungan yang sempurna, dengan solder dan tenol, maka cukuplah itu. Setelah semuanya tersambung dengan baik, alangkah baiknya jika dibungkus dengan isolasi agar tidak terjadi korsleting.
Dari hasil yang anytopic coba, pembakaran menjadi lebih sempurna, bisa dilihat dari warna elektrode busi yang berwarna merah bata, berubah dari sebelumnya yang berjelaga. Nah Anytopic melakukan test dengan Shogun FL, untuk motor lain, silahkan melakukan percobaan. Untuk motor yang masih menggunakan pengapian standar, spek kapasitor bisa sama. Kecuali motor yang telah melakukan bore up extreem, pastilah spek kapasitor dapat berbeda.

Well, sekarang saatnya artikel berikutnya tentang motor yang aku temui di daerah Alaska. Motor ini cenderung aneh tapi menarik. Bentuknya terlihat standar pabrik atau belum tersentuh modifikasi. Entah apa nama motornya, yang jelas sangat mirip dengan KLX150. Pun begitu tampang depan justru mirip sama sodaranya, Kawasaki Ninja 250. Penasaran?

Ketika itu, aku lagi berjalan-jalan siang hari di Alaska, tepatnya di kota Ketchikan. Sambil jalan-jalan tentu saja memainkan kamera saku dan memfoto beberapa mobil dan motor. Kebanyakan motor di Ketchikan itu motor besar dan skutik. Setelah muter-muter beberapa jam, secara tak sengaja aku berpapasan dengan sepeda motor unik yang terlihat jangkung dari kejauhan. Semakin mendekat, aku langsung yakin kalau itu adalah motor enduro. Stang yang baplang mempertegas kesan enduro. Aku lihat lampunya mirip sama Ninja250 versi 2008, tetapi rangka mirip sama KLX150. Jadi ini motor apaan dong?

Mirip yha ama yg ada di Indonesia

Warna dan striping bodi terlihat standar pabrik, plus cover-cover bodi juga standar kayaknya. Bodinya trail abis, posisi mengemudi kayak KLX plekh.. cakram depan, cakram belakang, sokbreker… hasil photo di-zoom juga gak ada tulisan nama KLX di motor ini.

Tampang depan mirip ama Ninja250r

Menurut saya sih bentuk kayak gini bagus juga, menurut anda gimana? Secara ini campuran antara Ninja dan KLX…

Setelah saya piker-pikir, daripada saya menulis panjang lebar dan gak mirip ama blog-blog motor kondang yang lain, juga karena keterbatasan waktu, maka saya lanjutkan dengan mengupload beberapa poto yang bisa saya dapat. Tapi saying potonya Cuma dikit lha wong motornya sambil jalan kok. Juga keterbatasan kemampuan potografer amatiran, hehehe…

Jual Mini Drone

Ingin bermain dengan tingkat keseruan yg tinggi? Pengen yg keren? Tapi anda merasa bahwa anda pemula? Mini drone adalah jawaban yang tepat. Kenapa? Pertama adalah harga yg murah, jadi ga menguras kantong saat anda melakukan latihan. Kedua adalah ukurannya yang kecil dan bisa dimainkan di dalam rumah.

Drone saat ini adalah hal yang sangat keren, dan sebagian orang menganggapnya menakjubkan. Manfaat lain adalah mampu meningkatkan kecepatan kerja otak yang dapat terlihat pada ketangkasan memainkan drone. Keren pastinya.

Mini drone sangat cocok bagi para pilot pemula. Jangan coba-coba menerbangkan drone profesional jika anda belum menguasai drone pemula.

Untuk itu, saya menyediakan drone mini untuk pemula. Drone ini memiliki kontrol basic atau standar yang sangat berguna sebagai awalan untuk menjadi pilot. Bahkan cocok untuk anak-anak dalam mengasah skill mereka.

Harga per set 300 ribu.

Pemesanan bisa melalui pin bbm 5E7FEE27

Atau wa/sms 085655605588

20160525002625
Mini drone dari jeje toys jaller.wordpress.com

 

 

20160525002639

Drone mini warna hitam

image

Rem cakram anda berbunyi kasar? Atau berdecit? Penyebabnya bisa dari kampas atau sepatu rem yang kotor, juga bisa dari piringan cakram yang kotor.
Menghilangkan decitan itu gampang, menurut Jaller, salah satu cara adalah melumuri kampas dengan oli mesin. Ha.. oli mesin bisa? Kenapa enggak? Simpel saja, lepas kampas rem lalu bersihkan dengan kompresor, kalo ga ada kompresor yha bisa dengan lap sedikit basah. Setelah itu kita lumuri dengan oli meain yang masih baru sebagaimana kita melumuri roti dengan selai. Lalu ratakan sampai merata. Diamkan sejenak mungkin 1 menit atau 2 menit(kalau jaler sih prakteknya 1menitan saja). Tempelkan kedua kampas seperti sadwich atau oreo dengan sisi kampas saling berhadapan. Gesek-gesekkan sebentar.
Warna oli akan berubah menjadi hitam kotor, pertanda kotoran terangkat. Terus gosokkan sampai dirasa cukup. Lalu keringkan kampas tadi dengan cara di lap dengan kain bersih sampai kering.
Sebelum kampas dipasang lagi, ada baiknya piringan cakram juga dibersihkan, bisa dicuci dengan air sabun atau di lap dengan kain sedikit basah. Setelah dibersihkan, bisa dilumuri oli baru di bagian yg nantinya akan bersinggungan dengan kampas(optional). Kalau jaller sih dilumuri juga agar bener2 sempurna. Caranya adalah dengan membasahi kain yang bersih dengan oli mesin lalu dioleskan di bagian piringan. Dan dilap lagi hingga kering. Nah warna piringan akan menjadi sedikit gelap dan mengkilap.
Pasang kembali kampas remnya dan test jalan. Pada awalnya akan terasa rem tidak pakem, terus saja melakukan test hingga rem bekerja normal kembali. Nah sekarang rem cakram pakem dan bebas dari bunyi berdeciit. Juga kampas akan jadi lebih awet.

Tambahan; untuk cakram belakang, lebih baik jika praktek melumuri oli ini dilakukan, karena untuk kecepatan tinggi, rem belakang yang terlalu pakem justru akan membahayakan.

Waze

Apa itu Waze? Diotakku, kata itu adalah sebuah aplikasi navigasi real time yang tersedia untuk platform Android, IOS, maupun Windows. Aplikasi ini gratis dan tanpa pungutan biaya apapun. Waze juga memiliki fitur yang baik. Yang past kita diharuskan untuk mempunyai koneksi data yang lancar untuk update peta secara real time. Dan harus menyalakan gps untuk menentukan koordinat posisi kita.

Fitur pertama yang membuatku menyukai aplikasi navigasi ini adalah keterbukaan untuk siapa saja yang ingin berpartisipasi untuk editing maps. Ya, waze membuka siapa saja yang mau dan bersedia untuk mengedit atau menambahkan isi dalam peta. Caranya gampang, tinggal sign in/on agar bisa mempunyai akun. Dan bisa mulai berpartisipasi.

Fitur kedua adalah the world now, atau the traffic now. Isitilah ini saya buat sendiri sih. Sumber-sumber data yang ada pada peta merupakan hasil dari kontribusi para wazer sendiri. Contohnya ada laporan tentang adanya kemacetan dijalan tertentu, adanya hambatan atau obstackle di bagian jalan tertentu. Jadi, misalkan salah satu wazer memberi info tentang adanya jalan macet, maka info itu langsung terpasang pada peta dan waser2 lain pun dapat dengan segera mengetahui dengan menerima laporan tersebut. Ada juga laporan tentang adanya polisi, so wazer2 yang sekiranya tak membawa kelengkapan berkendara bisa terhindar dari tilang.

Fitur ketiga adalah mood, yaitu bentuk seperti avatar lucu2 yang bisa kita kenakan pada waze kita dan akan dilihat oleh wazer2 yang lain. Misalkan saya memakai moods ninja, atau robot, atau zombie.

Chat? Terdapat pula fitur chat pada wazer ini, baik map chat ataupun private chat. So, bisa saling berinteraksi antar wazer.

Bagaimana jika kita tidak ingin perjalanan kita diketahui oleh orang lain? Bisa juga, misalkan kita bepergian dalam misi rahasia, kita dapat membuat waze kita tak terlihat oleh wazer yang lain dengan cara memilih mode invisible.

Jangan Cuma memakai, berkontribusilah dengan mengedit peta, agar daerah kita mempunyai pemetaan yang lengkap. Hal ini selain membantu orang lain agar tak tersesat, juga dapat memperkenalkan daerah kita kepada dunia.

Selamat bernavigasi…..

Gambar

Yamaha Scorpio Versi Alaska

Assalamualaikum WRWB. Sebuah cerita di sore hari yang terdengar sangat membosankan, yah, itulah ceritaku. Kenapa? Karena disaat dunia dan orang-orangnya tergila-gila dengan blog, Jaller justru terdiam saja, tapi tak mengapa, hehe

Lepas dari itu semua, brothers semua, saya hanya sekedar mau menyampaikan beberapa info mengenai motor. Ceritanya sih, saya ini meniru pak taufik (tmcblog.com), indobiker, atau pak tri(triatmono.wordpress.com). sekedar iseng-iseng saja, karena memang tertarik.

Suatu hari, aku pergi ke Sitka, Alaska dalam rangka mengais sesuap nasi. Cuaca cerah waktu itu, hingga akhirnya dalam perjalananku aku berhenti karena tertarik dengan motor yamaha putih mirip ama Yamaha Scorpio. Saking tertariknya, saya mengambil beberapa photo dengan kamera saku. Hasilnya adalah beberapa gambar yang bisa kita nikmati bersama.

To the point aja, motor ini terlihat kekar dan cenderung simple. Perawakannya mendekati yamaha Scorpio. Mulai dari rangka sampai mesin bener-bener mirip, Cuma saja ukuran ban berbeda. Untuk bagian bodi, secara keseluruhan speknya dibuat untuk all purpose,terlihat dari aroma offroad yang kental mulai dari lampu depan, tangki hingga buritan.

Untuk mesin, hhmmmm saya kagak tau pasti, yang jelas perawakannya mirip Scorpio, karena gak ketemu ama pemiliknya, maka gak sempet tanya-tanya dan test drive. Sistem pendinginan masih menggunakan sirip alias berpendingin udara. Penggunaan sistem pendinginan ini disinyalir karena alaska beriklim subtropis yang amat dingin jadi masih oke jika menggunakan pendingin udara. Untuk pengabut bahan bakar disinyalir masih menggunakan karburator, karena setelah saya tengok, terdapat perangkat yang bentuknya mirip ama karburator.

Beralih ke bagian dasboard, alat penunjuk kecepatan alias spedometer amatlah jadul , lihat saja itu bentuknya kotak analog gitu. Sementara itu stang beraroma trail, meski bukan trail tulen, stang ini sebelas duabelas ama stang milik KLX 150. Tombol-tombolnya pun masih menggunakan desain jadul.

Well, saya tidak dapat bercerita panjang lebar karena saya orangnya super sibuk(atau sok sibuk ya?) dan jarang-jarang punya waktu buat menulis. Jadi saya sudahi dulu tulisan saya ini, biar jelek dan tanpa editan bahkan gak mirip ama tulisan pak taufik, pak tri atau indobiker, tapi saya sudah berusaha sekuat jari saya untuk mengetik. Cerita lanjutan untuk motor ini dapat diceritakan oleh beberapa photo yang berhasil saya dapat. A picture speaks a tousand words, some pictures speak a million words. Wassalamualaikum WRWB. Salam sejahtera dari perantau.